This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Otot

A.      OTOT

Berdasarkan jaringan dan cara kerjanya, otot dibagi menjadi 3, yaitu:
1.        Otot Polos
Otot polos memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 
a)   berbentuk gelondong, kedua ujungnya meruncing dan dibagian tengahnya menggelembung
       b)        mempunyai satu inti sel
       c)        tidak memiliki garis-garis melintang ( polos )
       d)       bekerja diluar kesadaran, artinya tidak dibawah perintah otak, oleh karena itu otot polos disebut sebagai otot tak sadar.
       e)       terletak pada otot usus, otot saluran peredaran darah otot saluran kemih, dll. 
       f)   Sel-sel otot polos tampak polos (tidak memiliki garis melintang) saat diamati di bawah mikroskop. 


2.    Otot Lurik

Otot lurik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a)    bentuknya silindris, memanjang
b)        tampak adanya garis-garis melintang yang tersusun seperti daerah gelap dan terang secara berselang-seling(lurik)
c)        mempunyai banyak inti sel
d)        bekerja dibawah kesadaran, artinya menurut perintah otak, oleh karena itu otot lurik disebut sebagai otot sadar.
e)        terdapat pada otot paha, otot betis, otot dada,rangka


Sel-sel otot tampak lurik saat diamati di bawah mikroskop. Hal ini disebabkan oleh susunan protein otot berupa fibril yaitu aktin dan miosin. Protein otot menyebabkan adanya bagian gelap dan terang. Jika diamati dibawah mikroskop, tampak seperti terdapat garis-garis melintang dari sisi satu ke sisi lain. Di sepanjang fibril terdapat miofibril (selubung otot).
Dengan mikroskop cahaya biasa, garis-garis tidak terlalu tampak, sedangkan miofibril tampak sebagai garis tipis. Akan tetapi dengan mikroskop elektron, miofibril tampak jelas. Masing-masing miofibril terbagi menjadi pita gelap dan pita terang. Di tengah pita gelap terdapat bagian terang yang disebut zona H. Di tengah zona H terdapat garis gelap, yaitu garis M. Sementara itu di tengah pita terang terdapat garis gelap yaitu garis Z. Sel otot lurik ujungnya sel nya tidak menunjukkan batas yang jelas dan miofibril nya tidak homogen (silih berganti padat dan renggang) akibatnya tampak seperti serat-serat lintang.

 

3.       Otot Jantung
       Otot jantung memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a)        Otot jantung hanya terdapat pada jantung.
b)      Otot ini merupakan otot paling istimewa karena memiliki bentuk yang hampir sama dengan otot lurik, yakni mempunyai lurik-lurik tapi bedanya dengan otot lurik yaitu bahwa otot lirik memiliki satu atau dua nukleus yang terletak di tengah/tepi sel.
c)    Otot jantung adalah satu-satunya otot yang memiliki percabangan yang disebut duskus interkalaris.
d)     Otot ini juga memiliki kesamaan dengan otot polos dalam hal cara kerjanya yakni involuntary (tidak disadari).
    otot jantung memiliki kenampakan yang sama dengan otot lurik, yaitu memiliki serat-serat lintang saat diamati di bawah mikroskop.





0 komentar:

Posting Komentar